• Home
  • News
  • Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Vania Fitryanti Herlambang Wakili Indonesia di ajang Miss International 2018

Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Vania Fitryanti Herlambang Wakili Indonesia di ajang Miss International 2018

Jakarta, 11 Oktober 2018 - Miss International  adalah kontes kecantikan terbesar ketiga di dunia setelah Miss Universedan Miss Supranational. Ajang ini diselenggarakan pertama kali di Long Beach, California, AS pada 1960 sampai dengan 1967, ajang ini pindah ke Jepang pada 1968–1970, diselenggarakan setiap tahun di kota yang sama dengan tempat penyelenggaraan Japan Expo. Pada 1971 dan 1972, ajang ini sempat kembali diselenggarakan di Long Beach, tetapi setelah itu ajang ini kembali diselenggarakan setiap tahun di Jepang.

Penilaian ajang Miss International tidak hanya didasarkan pada penampilan kecantikan semata, beberapa point penting lainnya adalah peserta dapat menunjukan sikap persahabatan, intelijensi, kemampuan untuk bertindak, kelembutan, bersahabat dan, yang terpenting, ikut serta menjaga persaudaraan, budaya dan perdamaian dunia.

Indonesia sudah sembilan kali mengirimkan wakilnya di ajang Miss International, prestasi yang telah diraih :

Untuk pertama kali di tahun 2007  Yayasan Puteri Indonsia dan Mustika Ratu mengirimkan wakilnya  Puteri Indonesia Runner up 1, Rahma Landy mengikuti ajang Miss Internaional di Jepang dan berhasil meraih predikat Top 15, selanjutnya disusul oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2009, Zukhriatul Hafizah meraih prestasi sebagai Miss Friendship International 2010 di China, Puteri Indonesia Lingkungan 2014, Elfin Pertiwi yang meraih prestasi Top 10 dan  The Best National Costume dengan tema the Crown of Siger Lampung karya designer ternama Dynand Fariz, Puteri Indonesia Lingkungan 2016, Felicia Hwang berhasil meraih prestasi 2nd Runner Up dan Miss Best Dresser dan puncak prestasi tertinggi ditorehkan oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2017, Kevin Lilliana dengan meraih prestasi sebagai Miss International 2017.

 

Kini di tahun kesepuluh, Yayasan Puteri Indonesia (YPI), dengan dukungan penuh dari PT. Mustika Ratu Tbk kembali mengirimkan perwakilannya, Puteri Indonesia Lingkungan 2018, Vania Fitryanti Herlambang ke ajang Miss International 2018 yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang. Perempuan yang menempuh pendidikan sampai mendapat gelar sarjana Teknik Kimia  dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini akan bersaing dengan teman-teman finalis dari 82 negara dalam karantina Miss International 2018 yang akan berlangsung dari tanggal 18 Oktober  hingga 10 November 2018 serta Grand Final yang akan digelar pada tanggal 09 November  2018 di Tokyo Dome City Hall,  Jepang.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, “Saya berharap Puteri Indonesia Lingkungan 2018 dapat memperoleh kembali  hasil terbaik di ajang Miss International 2018, selain itu juga dapat mempromosikan produk produk Indonesia dan produk Industri Tradisional Berbasis Budaya serta  memperkenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukan hal tersebut adalah melalui busana yang ditampilkan Vania  pada saat karantina maupun saat kontes berlangsung,” ujar Putri saat konferensi pers keberangkatan Puteri Indonesia Lingkungan ke ajang Miss Internasional 2018 di Aula Sasono Wiwoho, Jl. Ki Mangunsarkoro 69, Menteng Jakarta Pusat, Kamis ( 11 /10) .

Sebagai wakil Indonesia, perempuan yang lahir pada tanggal 11 Februari 1997 di Madiun Jawa Timur ini telah melakukan banyak persiapan.  Tidak ingin kalah dari seniornya yang meraih prestasi Miss International 2017, Vania pun bertekad untuk membawa pulang kembali gelar Miss International 2018 ke Indonesia.  Berbagai persiapan selama 7 bulan telah dijalani,  salah satunya adalah belajar merias wajah dan tata rambut sendiri, “Sejak awal terpilih menjadi Puteri Indonesia Lingkungan 2018, saya sudah melatih untuk melakukan persiapan yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Sari Royal Heritage Spa, mepelajari teknik merias wajah dan rambut sendiri yang langsung diajarkan oleh Tim Profesional Make Up Artist Mustika Ratu dengan menggunakan pula produk-produk unggulan dari Mustika Ratu Beauty Queen Series,” ungkap Vania.

Selain itu, Vania juga mendapatkan banyak pembekalan di berbagai bidang seperti kelas Table Manner dari LPPMS (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo), pembekalan tentang current issues, filosofi dan filsafat oleh Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Wardiman Djojonegoro, kelas Bahasa Inggris dengan personal native olehWall Street English kelas Public Speaking oleh Talk Inc, pembentukan tubuh (gym) di Gold’s Gym. Vania juga mendapat perawatan gigi dari Pure Dental serta perawatan wajah dari Klinik Dermaster Indonesia.

Semua persiapan yang dilakukan Vania tak lepas dari dukungan penuh YPI dan PT Mustika Ratu Tbk, yang sangat peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan Internasional.  “Tidak banyak perempuan Indonesia yang bisa mendapatkan kesempatan untuk mewakilkan Indonesia di kancah Internasional, untuk itu saya merasa bangga menjadi salah satu perempuan yang bisa membawa nama Indonesia hingga ke Internasional dan peluang ini tidak akan saya sia-siakan, doakan saya bisa membawa prestasi untuk Indonesia,” ujar Vania.

Yayasan Puteri Indonesia kembali mempercayakan kepada Dynand Fariz, pria dibalik kesuksesan  Jember Fashion Carnaval (JFC), untuk menciptakan kostum nasional bertemakan rumah traditional khas Minangkabau - Sumatera Barat yang bertajuk “Dynamism of Rumah Gadang”. Kostum Nasional tersebut kaya akan keindahan dan keunikan bangunan yang kental budaya Indonesia khas Sumatera Barat.

Vania pun juga akan membawa evening gown karya desainer lokal berbakat yaitu Billy Tjong yang sekaligus menjadi official designer untuk Malam Grand Final Miss International 2018. Adapun tema dari evening gown pada malam final nanti bertajuk “The Swan Maiden”.  

Adapun selama masa karantina berlangsung, Vania akan membawa busana dari desainer lainnya seperti Yosep Sinudarsono, Hans Sallam, Olanye by Eko Tjandra, dan Kebaya Intan Avantie. Untuk sepatu, Vania akan membawa koleksi terbaru dari Wanda Dekafe Shoes. Sedangkan untuk aksesoris akan mengenakan dari Hartono Wira Tanik (HWT) dan Le Ciel Design.

Pada ajang Miss International 2018 Vania akan membawakan seni musikalisasi puisi sebagai bagian dari unjuk bakat yang akan ditampilkan disana. Sebagai duta bangsa, Vania juga akan membawakan oleh-oleh untuk seluruh peserta berupa produk produk Industri Tradisional Berbasis Budaya seperti dompet, pembatas buku dari kulit sapi dengan kreasi batik yang dibuat secara home industry dan produk produk kecantikan dari Mustika Ratu berupa Beauty Queen Series dan produk Mustika Ratu lainnya sebagai produk kebanggaan dan unggulan bangsa Indonesia.           

Keikutsertaan Vania di ajang Miss International 2018 diharapkan dapat meraih kembali prestasi Miss International 2018 dan juga dapat mempromosikan pariwisata dan budaya bangsa serta produk produk asli Indonesia di dunia Internasional.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang telah memberikan dukungan untuk memberangkatkan Puteri Indonesia ke ajang internasional, serta dukungan para sponsor seperti Mustika Ratu, Taman Sari Royal Heritage Spa, Beauty Queen Series by Mustika Ratu, Klinik Dermaster Indonesia, Pure Dental, Gold’s Gym Indonesia, Billy Tjong, Jember Fashion Carnaval, Yosep Sinudarsono, Olanye by Eko Tjandra, Hans Sallam, Intan Avantie, Albert Yanuar, Maision, Tjantingkoe, ANAZ, Mahadevi Batik, Aditya Dwicahya, Nico Nico Mare, Jacobs Aditya, Double L Uomo, Wong Hang, Invio, Hartono Wira Tanik, Le Ciel Design, Elizabeth Wahyu, Wanda Dekafe Shoes, Urban Health Diet Catering, Talk Inc, Wall Street English, Bareskin, 5asec, Ronny Ario Joewono, Moza Wahyu, Robin Alfian dan Bag’s City.

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

Corporate Communication

Telp. (021) 830 6754

Fax. (021) 830 6603

e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.