• atas new
  • dea top 10
  • Winner Miss International 2017
  • dea top 10
  • banner website 1
  • homepi1 material

    Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani Wakili Indonesia di ajang Miss Universe 2017 di Las Vegas – USA

    bunga123Jakarta, 03 November 2017 –  Ajang kecantikan Miss Universe memiliki tujuan untuk memberdayakan wanita dalam mengembangkan kepercayaan diri yang mereka butuhkan untuk mencapai hal terbaik pada pribadi mereka. Seorang wanita yang percaya diri memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan nyata di masyarakat, dimulai dari komunitas lokalnya dengan potensi untuk menjangkau khalayak global. Misi organisasi ini adalah menyediakan wadah yang membantu wanita untuk menjadi sosok pribadi terbaik mereka, serta mendorong setiap wanita untuk keluar dari zona nyamannya, menjadi dirinya sendiri, dan dapat mendefinisikan apa artinya menjadi cantik yang seutuhnya. Keyakinan diri adalah kuncinya. Setiap wanita harus percaya diri untuk berdiri dalam situasi apa pun.

    Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk sudah mengirimkan wakil Indonesia ke ajang Miss Universe sejak tahun 1993, waktu itu Puteri Indonesia 1992 Indira Soediro mewakili Indonesia untuk pertama kalinya di Miss Universe di Mexico. Dilanjutkan dengan Puteri Indonesia 1994 Venna Melinda yang dikirim ke Manila – Filipina dan Puteri Indonesia 1995 Shanti Manuhutu yang dikirim ke Windhoek – Namibia, ketiganya hadir sebagai peninjau aktif. Pada tahun berikutnya, Puteri Indonesia 1996 Alya Rohali menjadi wakil Indonesia pertama kali mengikuti kegiatan karantina penuh Miss Universe 1996 di Las Vegas – Amerika Serikat. 

    Pada Tahun 2005, Yayasan Puteri Indonesia kembali mengirimkan wakilnya  yaitu Puteri Indonesia 2004 Artika Sari Devi ke ajang Miss Universe sampai sekarang tercatat Indonesia telah berhasil meraih prestasi di ajang Miss Universe, antara lain:

    1. Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004 – Top 15 Miss Universe 2005 di Thailand

    2. Whulandary Herman, Puteri Indonesia 2013 – Top 15 Miss Universe 2013 di Rusia

    3. Elvira Devinamira, Puteri Indonesia 2014 – Best National Costume dan Top 15 Miss Universe 2014 di USA

    4. Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015 – Top 15 Miss Universe 2015 di USA

    5. Kezia Roslin Cikita Warouw, Puteri Indonesia 2016 – Miss Phoenix Smile dan Top 13 Miss Universe 2016 di Filipina. 

    Adapun tujuan keikutsertaan Puteri Indoenesia dalam acara ini antara lain adalah untuk memberdayakan setiap perempuan untuk memiliki kepercayaan diri, serta sarana membina remaja puteri untuk mengembangkan diri mereka.

    Tahun ini Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk kembali mengirimkan perwakilan Indonesia untuk berkompetisi di ajang Miss Universe 2017. Bunga Jelitha Ibrani, Puteri Indonesia 2017 akan membawa nama Indonesia di ajang kontes kecantikan bergengsi Miss Universe 2017.

    Puteri Indonesia yang juga berprofesi sebagai model Internasional ini, akan bersaing dengan finalis dari berbagai Negara lainnya dalam karantina Miss Universe 2017 yang akan berlangsung dari tanggal 12 sampai 27 November 2017 dan Grand Final yang akan digelar pada tanggal 26 November 2017 di The AXIS at Planet Hollywood Las Vegas – Amerika Serikat. 

    Sebagai wakil Indonesia, perempuan yang lahir di Jakarta 6 September 1991 ini telah melakukan banyak persiapan.  Salah satunya belajar merias wajah dan rambut bersama tim professional makeup artist Mustika Ratu, “Sejak awal terpilih menjadi Puteri Indonesia 2017, saya sudah melatih untuk melakukan persiapan yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Sari Royal Heritage Spa, belajar merias wajah dan rambut sendiri yang langsung diajarkan oleh Tim Make Up Artist dari Professional Make Up Mustika Ratu,” ungkap Bunga.

    Seperti yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, “Saya berharap Bunga bisa meraih hasil terbaik di ajang Miss Universe 2017, terlebih tahun lalu kita berhasil masuk ke jajaran 13 besar dan meraih gelar spesial Miss Phoenix Smile oleh Puteri Indonesia 2016, Kezia Warouw. Tahun ini target kita adalah Crown Miss Universe for Indonesia. Tentu hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi Bunga dan Indonesia dalam berkompetisi. Namun terlepas dari hal itu, Bunga juga mempunyai misi untuk mempromosikan produk produk Industri Tradisional Berbasis Budaya karya anak bangsa ke kancah internasional dan memperkenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukan hal tersebut adalah melalui busana yang ditampilkan Bunga pada saat karantina maupun saat kontes berlangsung,” ujar Putri saat konferensi pers keberangkatan Bunga Jelitha Ibrani ke ajang Miss Universe 2017 di Aula Sasono Wiwoho Mangunsarkoro, Menteng – Jakarta Pusat, Jumat (03/11).

    Bunga juga mendapatkan banyak pembekalan diberbagai bidang seperti kelas Table Manner dari LPPMS (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo), pembekalan tentang current issue, filosofi dan filsafat oleh Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Wardiman Djojonegoro, kelas Bahasa Inggris dengan personal native oleh International Language Program (ILP), kelas Public Speaking oleh Choky Sitohang, pembentukan tubuh (gym) di Celebrity Fitness. Bunga juga mendapat perawatan kecantikan kulit dan wajah dari Dermaster dan perawatan gigi hingga rambut dari The Clinic. 

    Semua persiapan yang dilakukan Bunga ini tak lepas dari dukungan penuh Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk, yang sangat peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan Internasional. Keberangkatan Bunga kali ini juga mendapat dukungan dari para alumni dan senior Puteri Indonesia diantaranya Zivanna Letisha – Puteri Indonesia 2008, Elvira Devinamira – Puteri Indonesia 2014, dan Anindya Kusuma Putri – Puteri Indonesia 2015. 

       Bunga juga akan membawakan produk produk kecantikan dari Mustika Ratu berupa Lipstik Moors, Footspray Taman Sari Royal Heritage Spa dan Hand Cream Zaitun sebagai produk kebanggaan dan unggulan bangsa Indonesia. Keikutsertaan Bunga di ajang Miss Universe 2017 selain diharapkan dapat meraih prestasi juga dapat mempromosikan pariwisata dan budaya bangsa serta produk produk asli Indonesia di dunia Internasional. Sehingga keikutsertan Bunga dalam ajang Miss Universe 2017 ini mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia seperti Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

    Bunga akan membawa beberapa busana karya desainer berbakat Indonesia diantaranya Ivan Gunawan, Iwan Tirta, Andreas Odang, Yogi Pratama, dan kebaya dari Intan Avantie serta National Costume dari Rinaldy Yunardi. 

    Ivan Gunawan – Bunga Cino

    Gaun malam dengan tema “Bunga Cino”. Gaun malam yang terbuat dari bahan dasar songket palembang dengan motif Bunga Cino ini dipilih untuk keperluan dinner dress. Bunga cino memiliki makna filosofi yang melambangkan keanggunan seorang wanita serta kelembutan yang menebarkan keharuman layaknya setangkai bunga yang mekar. Warna oranye keemasan dipilih untuk menonjolkan karakter Bunga Jelitha yang melambangkan ciri khas wanita Indonesia. Warna ini juga memiliki makna memberi kesan hangat dan bersemangat serta symbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi.

    Iwan Tirta – Dewaraja

    Dewaraja mendeskripsikan cara berfikir dan kontribusi Iwan Tirta Private Collection dalam melestarikan warisan batik. Koleksi ini mengambil inspirasi dari sejarah kerajaan kuno di Indonesia, dari Majapahit sampai Bali yang didokumentasikan dengan cermat dalam kepustakaan motif Sang Maestro, Iwan Tirta. Dinamai sesuai konsep sakral seorang Raja dalam pencapaian spiritual. Melalui setiap motif batik, Dewaraja mencerminkan apresiasi Iwan Tirta Private Collection yang mendalam terhadap era keemasan Nusantara dan membuat warisan ini dalam balutan yang relevan untuk zaman modern.

    Andreas Odang – Magical Flower

    Gaun karya Andreas Odang dengan tema “Magical Flower”. Keindahan flora dan bunga nusantara yang dimiliki Indonesia terukir indah melalui gaun panjang berbahan syfon. Warna hijau melambangkan kesuburan akan tanah Indonesia yang menghasilkan semerbak bunga-bunga indah sepanjang tahun. Warna pink pada keopak bunga menggambarkan keanggunan wanita Indonesia yang ramah dan lembut dalam bersikap.

    Yogi Pratama – Powerful Red

    Busana yang terinspirasi oleh sosok perempuan yang berani, tegas serta penuh percaya diri, warna merah dipilih untuk gaun berpotongan cocktail ini. Dengan menggunakan proses lipit pada bagian bawah gaun serta dilengkapi dengan taburan detail bunga pada bagian atas, menambahkan unsur manis pada gaun ini.

    Intan Avantie – Kebaya

    Perempuan Indonesia,

    Sarat akan keindahan

    Melenggang anggun bak pantun yang beralun

    Perempuan Indonesia

    Berbalut busana elok yang kaya akan Budaya

    Memadu kain tradisi Jawa yang menjadi bagian dari kultur Indonesia

    Batik sogan kawung kembang setaman dengan gaya etnik melangkah nan cantik.

    Berpadu dengan busana khas Indonesia,

    Kebaya.

    Kebaya bergaya asimetris menyiratkan sosok sang Puteri yang sederhana namun dinamis

    Menampilkan warna tanah yang menyatu dengan alam dan memberikan sentuhan warna coklat tembaga dan keemasan yang teduh namun legam

    Perempuan Indonesia,

    Nampak Gemulai dalam setiap nada Kebaya Gaoen yang menyatu dalam irama Kebayoen

    Menghantarkan senyum Perempuan Indonesia bak untaian mutiara sejuta pesona

    Persembahan mahakarya anak bangsa untuk Puteri Indonesia bagi Negeri tercinta,

    Indonesia.

    National Costume “Warrior of Orang Utan” – Rinaldy Yunardi 

    Tahun ini Yayasan Puteri Indonesia dan PT Mustika Ratu Tbk mempercayakan National Costume yang akan dibawakan oleh Bunga ke Miss Universe 2017 oleh designer Indonesia bertalenta yang karyanya sudah diakui oleh dunia, Rinaldy Yunardi. Tema National Costume yang dibawakan adalah “Warrior Of Orang Utan. 

    Indonesia adalah Negara dengan kekayaan alam yang melimpah dengan belantaran hutan terbesar kedua setelah Brazil yang tersebar di pulau Kalimantan.  Keberadaan hutan ini menjadikan Indonesia sebagai paru-paru dunia. Namun tingginya aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, menyebabkan hutan di Kalimantan rusak yang berdampak pada menurunnya habitat satwa liar khususnya Orang Utan. Orang Utan adalah satwa endemik yang dilindungi oleh Negara dengan status mendekati kepunahan. Hal ini disebabkan karena menurunnya populasi Orang Utan yang hingga kini tercatat sebanyak 104.700 ekor. 

    Costume yang terinspirasi dari baju kesatria perang ini terbuat dari bahan dasar kertas daur ulang ramah lingkungan yang kemudian disulam menyerupai anyaman rotan, dihiasi oleh ornamen Kalimantan yang melambangkan kekokohan serta pejuang untuk melindungi satwa Orang Utan dan hutan Kalimantan.

    Perhiasan dikepala melambangkan kekuatan adat dari suku Dayak di Kalimantan yang hidup selaras dengan alam dan hutan. Detail Wajah Orang Utan pada bagian belakang kepala bermakna bahwa mereka membutuhkan pertolongan dan perlindungan dari manusia untuk bertahan hidup dengan tidak merusak habitat mereka di hutan.

    Perhiasan gelang dengan sepatu hingga lutut menggambarkan tameng dan kesiapan seorang kesatria untuk berjuang hingga membela dan melindungi habitat Orang Utan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

    Costume ini diciptakan sebagai bentuk ajakan kepada seluruh pihak dan mayarakat global untuk melindungi satwa Orang Utan dan habitatnya di hutan Kalimantan. Warrior of Orang Utan bermakna bahwa setiap manusia adalah pejuang dan kesatria yang memiliki kewajiban untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian alam serta melindungi habitat Orang Utan dan hutan Kalimantan.

    Kami pun mengucapkan terima kasih kepada para sponsor : Mustika Ratu, Taman Sari Royal Heritage Spa, Moor’s Professional Make Up by Mustika Ratu, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Aliago Travel, Ivan Gunawan, Rinaldy Yunardi, Iwan Tirta, Andreas Odang, Yogi Pratama, Intan Avantie, Thang Shoes, Emas Putih PLG, Manjusha Nusantara, Jewels of Eden, Batavia Dancer, Erich Decoration, Rumah Kampung Fadjar, Celebrity Fitness, ILP, Dermaster, The Clinic, Ronny Ario Joewono, Rudy Hari, Tommy Siahaan Rio Motret, FD Photography. 

    Untuk Informasi Lebih Lanjut: 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

    Corporate Communication

    Telp. (021) 830 6754 

    Fax. (021) 830 6603

    e-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

    Download Formulir Pendaftaran Puteri Indonesia 2018

    Formulir

    Alumni Puteri Indonesia

    • 1992-1993-Indira-Soediro
    • 1994-Vena-Melinda
    • 1995-Shanti-Manahutu
    • 1996-1999-Alya-Rohali
    • 2000-Bernika-Ifada
    • 2002-Melanie-Putria
    • 2003-Dian-Krishna
    • 2004-Artika-Sari-Devi
    • 2005-Nadine-Chandrawinata
    • 2006-Agni-Pratista
    • 2007-Putri-Raemawasti
    • 2008-Zivanna-Letisha
    • 2009-Qory-Sandioriva
    • 2010-Nadine-Alexandra
    • 2011-2012-Maria-Selena
    • 2013-Whulandary-Herman
    • 2014-Elvira-Devinamira
    • 2015-Anindia
    • 2016-Kezia-warouw